Misterius, Ada apa dengan Batu Lawang Cilegon ?

Halo sahabat traveler kota baja, kali ini kita tidak membahas di luar kota dulu yah, seperti objek wisata batu lawang Cirebon, batu lawang majalengka, batu lawang cupang, batu lawang gempol, atau batu lawang banjar, karena kita akan bahas rute ke batu lawang cilegon merak, berbicara wisata alam cilegon, mungkin para traveler dari luar kota cilegon lebih mengenal wisata alam pantai anyer di banding wisata alam batu lawang yang berada di cilegon, dan rute ke batu lawang pun mungkin tidak tahu, rute menuju ke Batu lawang lumayan juga utk menyehatkan badan. Maksudnya, bagi kalian yg jarang sekali berjalan jauh dgn tracking menanjak, wisata alam batu lawang ini jarang di ketahui, yah mungkin bisa jadi seperti itu karena memang Sebagai kota kecil, cilegon tak banyak obyek wisata yg dapat dinikmati. Kalau pun ada, keberadaannya kurang dikenal serta kalah populer dengan obyek wisata alam cilegon lain yg masih berada diwilayah Banten serta cukup dekat dari Cilegon, seperti Pantai Anyer. Tetapi, bagi kalian yg lebih suka traveler adventure serta tidak terlalu suka obyek wisata yg sudah terlalu ramai, Batu Lawang dapat menjadia alternative tujuan wisata alam di cilegon.

Batu Lawang Cilegon

Batu Lawang menawarkan keindahan wisata alam cilegon, dimana kalian dapat menikmati suasana alam perbukitan yg hijau, serta panorama kota Cilegon dari ketinggian gunung lawing kalian dapat melihat siluet bukit Gunung Pinang Kramatwatu, serta menara Masjid Agung Cilegon, Waduk Krenceng cilegon, bahkan kalian dapat melihat siluet Gunung Karang Pandeglang.

Dinamakan Batu Lawang, karena ditempat tersebut terdapat dua batu besar yg bersisian, sehingga membentuk celah diantaranya, serta menyerupai sebuah pintu. Kedua batu ini berada diantara Gunung Batur serta Gunung Gede, yg menjadibatas antara Kota Madya Cilegon dengan daerah Bojonegara yg secara administratif masuk wilayah Kabupaten Serang.

Sisi Lain Batu Lawang

Aktivitas penduduk lokal adalah sisi lain yg dapat kalian jumpai diBatu Lawang. Saat trekking dijalan setapak dilereng bukit, kalian akan melewati kebun milik warga.

Terlihat seorang lelaki sedang membersihkan lahan dari rumput yg mengering karena musim kemarau. Di tengah jalan, juga beberapa kali berpapasan dengan seorang ibu-ibu tua dengan beban bawaan dipunggungnya. Ada yg tengah mengangkut air dengan jirigen, dari sumur didasar lembah. Ada juga yg tengah membawa buah nangka debgan ukuran yg cukup besar serta tak kalah beratnya dengan air dalam jirigen.

Bukan sekedar bersyukur karena hampir tak pernah mengalami kesulitan air sepanjang tahun. Atau juga bersyukur karena setidaknya dalam mendapat rejeki untuk bertahan hidup sehari-hari, tak perlu bersusah payah mengangkut hasil kebun dipunggung untuk kemudian dijual ke pasar. Tetapi, juga bersyukur bahwa Tuhan masih berkenan menunjukkan kepad, bahwa traveling itu tidak selalu soal senang-senang atau refreshing, melainkan belajar serta mengambil hikmah dari apa yg lihat, dengar, dab rasakan.

Akses Rute Menuju Batu Lawang

Batu Lawang terletak diatas bukit didaerah Merak, Cilegon. Tepatnya dikelurahan Gerem. Dari pusat kota Cilegon, ambil jalan ke arah Merak. Setelah melewati kantor imigrasi Cilegon didaerah Gerem, maju lagi sedikit sampai ke Indomaret disebelah kanan jalan. Di sebelah Indomaret ada jalan masuk perkampungan. Kalian dapat Masuk ke jalan serta ikutilah petunjuk ke Batu Lawang.

rute ke batu lawang cilegon

Karena tidak ada kendaraan umum selain ojek, lebih disarankan kalian yang ingin ke batu lawang membawa kendaraan pribadai , untuk Ongkos ojek nya sendiri dari Indomaret sampai Batu Lawang, ongkosnya kira-kira 20 sampai 25 ribu rupiah.

Tidak perlu khawatir karena kalian akan melewati jalan beraspal dan jalan beton yang cukup baik untuk menuju wisata alam cilegon batu lawang. Namun tetap harus kehat-hatian karena kondisi jalan yg berliku serta banyak tanjakan curam. Yang membuat deg-degan lagi adalah karena sebagian jalan yg harus dilewati, berada dilereng bukit, dimana satu sisinya adalah jurang. Rrr…

Jarak tempuh mulai dari jalan raya hingga ke Batu Lawang sekitar 3 kilometer. Kemudian kalian akan sampai disebuah mushola, dimana halamannya digunakan sebagai lahan parkir kendaraan para pengunjung yg ingin ke Batu Lawang. Dari tempat parkir itu, kalian akan berjalan kaki menapaki jalan sekitar 500 meter hingga ke batu lawang, melewati jalan setapak sampai ke atas bukit. Jalan setapaknya juga dilereng bukit, sehingga salah satu sisinya berbatasan langsung dengan jurang. Jadiharus hati-hati!

Tips Hiking ke Batu Lawang

Sedikit tips jika ingin hiking ke Batu Lawang. Bawalah air minum yg cukup agar tidak dehisrasi. Gunakan alas kaki yg nyaman, seperti sepatu atau sandal outdoor. Pakai topi serta sunglasses (kacamata hitam) karena sinar matahari diBatu Lawang sangat terik. Gunakan juga sunblock atau sunscreen untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk paparan sinar matahari.

Oya, tidak ada biaya untuk memasuki kawasan Batu Lawang. Hanya dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp5.000.-

Bagi anda yang belum pernah ke batu lawang mungkin akan terdengar misterius karena seperti terbayang lawang/pintu yang terbuat dari batu yang besar… ya mungkin seperti itu bayangan sebagian orang.

Terima kasih sahabat kota baja, silahkan bagikan ke teman-teman kalian tentang keindahan wisata alam batu lawang cilegon ini.

About Kota Baja 25 Articles
Kota Cilegon adalah sebuah kota di Provinsi Banten, Indonesia. Cilegon berada di ujung barat laut pulau Jawa, di tepi Selat Sunda. Kota Cilegon dikenal sebagai kota industri. Sebutan lain bagi Kota Cilegon adalah Kota Baja mengingat kota ini merupakan penghasil baja terbesar di Asia Tenggara karena sekitar 6 juta ton baja dihasilkan tiap tahunnya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


one × 2 =